AUDIT SISTEM INFORMASI SUMBER DAYA MANUSIA PADA TRAINING CENTER DI JAKARTA
Latar
belakang
Smartlearning
memberikan program sertifikasi untuk kalangan individu maupun perusahaan yang
berkeinginan untuk mencari atau melengkapi sertifikasi IT berskala
international. Program sertifikasi ini terdiri dari training persiapan ujian
sertifikasi dan ujian sertifikasi.
Saat ini banyak
bermunculan jenis usaha yang sama, hal ini tentunya memperketat persaingan,
baik dari sisi kualitas materi training sampai kepada kualitas pelayanan terhadap
konsumen. Untuk Memastikan kualitas dan layanan yang diberikan oleh
Smartlearing dapat terarah dan selaras dengan tujuan bisnis perusahaan, untuk
pemberian materi training dipilih Instruktur dari para profesional, praktisi
dan akademisi yang memiliki sertifikasi industri dan yang memiliki pengalaman
riil dalam mengembangkan project-project teknologi informasi sesuai dengan core
competence masing-masing.
Saat ini ada semacam
kecenderungan yang meningkat (growing trend) terhadap pelaksanaan training dan
juga terdapat peningkatan kebutuhan (growing demand) dari pelanggan Perusahaan
training center tersebut.
Analisis
dan hasil
Scope Audit
Ruang lingkup atau
scope untuk melakukan audit di Smartlearning, proses-proses yang digunakan
dalam pengauditan adalah :
PO1
Define a Strategic Plan
Proses ini mencari
tahu tentang rencana strategi apa yang dilakukan untuk mendukung proses bisnis.
Untuk itu maka dilakukan pertanyaan –pertanyaaan yang berhubungan dengan cobit
itu sendiri, sebagai berikut :
· PO1.1 Pengelolaan Nilai It
· PO1.2 Penyelarasan Bisnis Dengan IT
· PO1.3 Penilaian Terhadap Kinerja Dan
Kemampuan Saat Ini
· PO1.4 Rencana Strategis IT
· PO1.5 Rencana Taktis IT
· PO1.6 Pengelolaan Portofolio IT
PO3 Determine
Technology Direction
Proses ini menelaah
bagaimana teknologi direncanakan dan seperti apa atau bagaimana perencanaannya
dan juga melihat standard –standard teknologi nya seperti apa Yang berhubungan
dengan hal ini maka dilihat dari segi :
· PO3.1 Perencanaan Arah Teknologi
· PO3.2 Rencana Infrastruktur Teknologi
· PO3.3 Memantau Peraturan dan Tren Masa
Depan
· PO3.4 Standar Teknologi
· PO3.5 Dewan Arsitektur IT
PO6
Communicate Management Aims and Direction
Proses ini melihat
bagaimana perusahaan mengkomunikasikan antara kebijakan dan aturan perusahaan
· PO6.1 Kebijakan IT dan Lingkungan
Pengendalian
· PO6.2 Kerangka Pengendalian dan Resiko
IT Perusahaan
· PO6.3 Mengelola Kebijakan IT
· PO6.4 Meluncurkan Kebijakan, Standar,
dan Prosedur
· PO6.5 Mengkomunikasikan Tujuan dan
Arah IT
PO7
Manage Human Resources
Proses ini menelaah
perusahaan untuk bagaimana perusahaan dapat mengatur sumber daya manusia dengan
melakukan training atau model – model lainnya.
· PO7.1 Merekrut dan Mempertahankan
Personil
· PO7.2 Kompetensi Personil
· PO7.3 Peraturan Kepegawaian
· PO7.4 Pelatihan untuk Karyawan
· PO7.5 Ketergantungan Terhadap Individu
· PO7.6 Prosedur Penerimaan Karyawan
· PO7.7 Penilaian Kinerja Karyawan
· PO7.8 Pemberhentian dan Perubahan
Pekerjaan
PO8
Manage Quality
Proses ini mengambil
dan melihat pengaturan kualitas yang dilakukan dalam perusahaan
· PO8.1 Quality Management System
· PO8.2 IT Standards and Quality
Practices
· PO8.3 Development and Acquisition
Standards
· PO8.4 Customer Focus
· PO8.5 Continuous Improvement
· PO8.6 Quality Measurement, Monitoring
and Review
PO10
Manage Proyek
Proses ini melakukan
pendekatan manajemen proyek dan program yang terdefinisi yang diaplikasikan
pada proyek IT dan memudahkan partisipasi stakeholder mengawasi resiko proyek
dan dan kemajuan proyek
· PO10.1 Programme Management Framework
· PO10.2 Project Management Framework
· PO10.3 Project Management Approach
· PO10.4Stakeholder Commitment
· PO10.5 Project Scope Statement
· PO10.6 Project Phase Initiation
Kesimpulan
•
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa nilai rata-rata
domain PO3 dan PO7 yaitu 1.6 & 1.9 masih jauh dari harapan, perlu kerja
keras ini untuk tersebut, sedangkan PO1, PO6, PO8, PO10 & DS10 yaitu
kisaran 2, proses ditingkatkan, khusus untuk DS7 mendapatkan nilai 3, proses
sudah ada standard dan dokumentasi yang baik, menuju proses level 4 yang tidak
begitu sulit di capai.
•
Gap yang ada antara rata-rata level saat ini dengan rekomendasi level
tidak menunjukkan gap yang besar, sehingga apa yang diharapkan dapat di penuhi
dan dijalankan dengan baik oleh Manajemen training center.
•
Sistem sumber daya manusia di training center yang saat ini diimplementasikan
sudah sesuai dan mendukung tujuan bisnis perusahaan tersebut.
Saran
• Dokumentasi yang baik dan adanya
standard operating prosedur memudahkan perusahaan untuk meningkatkan level
maturity yang maksimal.
• Kegiatan evaluasi audit system
informasi dilakukan oleh unit khusus dalam organisasi yaitu internal audit yang
dapat dilakukan secara periodik.
• Memberikan pelatihan COBIT 4.1 atau 5
bagi karyawan yang terlibat dalam kegiatan evaluasi tata kelola TI, jika
memungkinkan di certified oleh ISACA, dengan CISA
Referensi :
-
Komentar
Posting Komentar