Sistem Cerdas Dalam Kehidupan Sehari-hari (E-TOLL CARD)


Sistem cerdas pada dasarnya adalah sistem yang dimana mempermudah pekerjaan manusia dalam melakukan suatu kegiatan. Kegiatan tersebut tidak terbatas pada suatu batasan yang berbasis industri saja seperti tahun-tahun sebelumnya tetapi sistem cerdas kini sudah masuk kedalam kehidupan sehari- hari kita. Kini sistem kecerdasan buatan hadir juga di bidang transportasi. Sistem kecerdasan buatan pada bidang transportasi di Indonesia masih dibilang baru sebab implementasinya baru terjadi beberapa tahun belakangan. Kebutuhan akan sistem cerdas pada bidang transportasi dikembangkan karena terdesak akan adanya gejala seperti kemacetan, pelayanan tidak efisien, pengaturan lalu lintas yang kacau dan masih banyak lagi, hal-hal tersebutlah yang mendorong pemerintah Inddonesia khususnya kementrian perhubungan mengembangkan sistem cerdas yang ada pada bidang transportasi di negara Indonesia.

Di Indonesia sendiri, bidang transportasi baru mengembangkan sistem cerdas berupa kartu pembayaran otomatis yang bisa digunakan di pintu tol manapun, kartu tersebut bernama “E-Toll”, e-Toll adalah kartu elektronik yang digunakan untuk membayar biaya masuk jalan tol di sebagian daerah Indonesia. Penggunanya hanya perlu menempelkan kartu pada mesin tap untuk membayar uang tol dalam waktu 4 detik, hal ini bertujuan untuk melakukam proses pembayaran lebih cepat dibandingkan bila membayar secara tunai yang membutuhkan waktu 7 detik. Penggunanya juga bisa mengurangi biaya operasional karena hanya diperlukan biaya untuk mengumpulkan, menyetor, dan memindahkan uang tunai dari dan ke bank. Selain menjadi langkah awal dalam modernisasi pengumpulan uang, penggunaan e-toll juga dimaksudkan untuk mengurangi pelanggaran (moral hazard) karena petugas tol tidak menerima pembayaran secara langsung. E-toll menggunakan sistem RFID (Radio Frequency Identification) yaitu yang memungkinkan transaksi dapat dilakukan dengan cara jarak jauh.


Video : CNN INDONESIA

Kartu ini dikeluarkan oleh kerjasama PT Jasa Marga Tbk, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk, Bank Mandiri, dan PT Marga Mandala Sakti. Pada tahap awal (Januari 2009), kartu ini hanya dapat digunakan di tiga jalur tol yaitu Cawang-Tomang-Cengkareng, Cawang-Tanjung Priok-Pluit, dan Cikupa-Merak. Rencananya, kartu ini akan diaplikasikan untuk pembayaran bahan bakar di pom bensin dan sebagai alat pembayaran di area peristirahatan (rest area) tol. Lalu pada Juni 2017 juga sudah disosialisasikan bahwa seluruh transaksi di gerbang tol menggunakan e-toll akan dimulai pada Oktober 2017, untuk mengurangi kemacetan saat mengantri bayar tol dan langkah selanjutnya dalam modernisasi (mempermudah dan mempercepat) pembayaran.

Keuntungan dari penggunaan kartu e-toll ini adalah yang pertama pembayaran menjadi efisien sebab penggunanya tidak perlu bersusah payah menyiapkan uang untuk membayar tol, kedua tidak terjadi kemacetan yang signifikan dibandingkan dengan pembayaran yang menggunakan uang, ketiga transaksi jauh lebih aman dan nyaman sebab semua sudah diatur oleh sistem.

Kerugian dari penggunaan kartu e-toll ini adalah yang pertama penggunanya harus memiliki kartu e-toll terlebih dahulu dengan membelinya di gerai atau bank yang menjadi kerjasama dengan pihak tol, kedua jika kartu e-toll hilang atau tertinggal, maka pengguna harus membeli kartu e-toll lagi atau  meminjam kartu e-toll kepada orang lain, biasanya pengguna dibelakang pengemudi tersebut dan kerugian yang ketiga adalah pengurangan tenaga kerja yang terjadi sebab pekerjaannya sudah tergantikan oleh sistem e-toll tersebut.

Pandangan saya terhadap Indonesia dalam penggunaan sistem cerdas adalah semoga dengan adanya sistem cerdas ini masyarakat Indonesia dapat menerima kenyataan ini dengan pikiran terbuka, sebab ada saja jika terjadi suatu perubahan atau perkembangan baru khususnya teknologi dalam hal ini sistem cerdas, masyarakat selalu ada saja yang tidak menerima hal ini karena dengan adanya sistem cerdas, pengurangan pegawai akan terjadi karena sistem cerdas mengutamakan efisiensi yang ada, dalam hal ini proses yang biasanya dilakukan oleh manusia akan digantikan oleh sistem. Lalu untuk pengembangan teknologinya saya berharap pemerintah terus melakukan pengembangan yang lebih baik lagi agar mobilitas masyarakat menjadi lancar sehingga perputaran roda ekonomi di Indonesia akan semakin lancar dan mendatangkan keuntungan bagi negara Indonesia dan juga masyarakatnya.

Daftar Pustaka :

https://id.wikipedia.org/wiki/E-Toll
https://www.youtube.com/watch?v=lciX5K_jPF8
https://elshinta.com/news/131780/2017/12/31/peredaran-kartu-tol-di-jawa-timur-tumbuh-cepat



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Program Perulangan Sederhana Pada QBASIC

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Perbandingan Sistem Cerdas Pada 3 Negara di Asia (Dubai, Jepang, Indonesia)