INOVASI DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM






NAMA      : Alief Nur Hidayatullah
NPM          : 10116593
KELAS      : 2KA27
DOSEN     : Dina Agusten



UNIVERSITAS GUNADARMA
2017



BAB I


I. Latar Belakang


Saat ini media sosial banyak memiliki berbagai macam aplikasi. Mulai dari aplikasi berbagi foto, kata maupun video. Masing-masing aplikasi memiliki ciri khas nya masing-masing. Di era digital seperti saat ini, kita tidak terlepas dari gadget seperti hape, laptop, komputer maupun jenis gadget lainnya.

Hampir di setiap kegiatan yang menarik, kita selalu ingin berbagi cerita apapun kepada orang lain. Cerita sedih, senang ataupun cerita yang tidak terduga, semua dapat kita bagikan kepadaorang lain melalui media sosial. 

Salah satu aplikasi media sosial yang saat ini banyak digunakan adalah Instagram. Mungkin diantara teman-teman pasti sudah ada yang menggunakan aplikasi media sosial ini. Saat ini Instagram memiliki lebih dari 700 juta pengguna dan 45 juta diantaranya adalah pengguna dari indonesia


BAB II





I. Pembahasan

Instagram adalah media sosial yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Instagram merupakan aplikasi media sosial berbagi foto yang memiliki fitur-fitur menarik sehingga pengguna pun tidak bosan dalam menggunakan aplikasi ini.

Saat ini pengguna instagram juga semakin banyak, Menurut CEO Instagram, Kevin Systrom, jumlah pengguna aplikasi tersebut sudah mencapai 700 juta. Dilansir GSM Arena, Kamis (27/4/2017), dari pernyataan Kevin diketahui ada penambahan 100 juta pengguna baru di Instagram dalam empat bulan terakhir. Instagram memiliki 600 juta pengguna pada Desember tahun lalu.

Dari 700 juta total pengguna aktif global Instagram saat ini, lebih dari 45 juta di antaranya berasal dari Indonesia. Angka ini meningkat secara signifikan dari 22 juta pengguna aktif di awal 2016 lalu. Dengan demikian, negara Indonesia menjadi komunitas terbesar Instagram di Asia Pasifik.

Hal ini menunjukkan bahwa betapa besarnya dampak masyarakat Indonesia terhadap Instagram, yang berarti pengguna Intagram di Indonesia memilki andil yang besar terhadap pertumbuhan Instagram ini.

Lalu saat ini juga, pengguna Instagram semakin dimanjakan dengan fitur yang lengkap dan tidak jarang Instagram pun menciptakan tren menggunakan cirri khas nya sendiri.

Tahun 2017 sudah memasuki bulan Oktober dan berikut inovasi fitur baru yang populer di Instagram sepanjang tahun 2017:

Teks dan Stiker pada Instagram Stories

Teks dan Stiker pada Instagram Stories memiliki fungsi memperindah selain itu juga caption atau penjelasan singkat pada unggahan yang ada di Instagram stories terlihat lebih menarik.

Album foto atau video

Inovasi ini menjadi terobosan cerdas untuk pengguna Instagram. Mereka yang ingin mengupload foto ataupun video dalam jumlah banyak, tidak perlu khawatir feed akan menjadi rusak karena sudah ada fasilitas album foto. Kita bisa mengunggah lebih dari satu bahkan 10 foto maupun video.

Instagram Post di Email Pemasaran

Hal ini juga menjadi inovasi baru yang sangat brilian. Bagaimana tidak pada email promosi yang ada kita bisa melampirkan Instagram post. Dilansir dari later.com, 76% pengguna Instagram menggunakan faslilitas ini.

Marketing di Instagram Stories

Fitur ini juga mempermudah karena mereka yang memiliki online shop atau berjualan tidak perlu lagi check link on bio. Hanya melihat Instagram stories dan swipe up! Namun fitur ini hana untuk akun yang memiliki followers diatas 10k. Caranya hanya menaruh link pada instagram stories yang akan dishare, maka nanti follower hanya men swipe up instagra stories tersebut lalu langsung men-direct pada lik yang sudah kita cantumkan tadi.

Boomerang

99% pengguna Instagram menggunakan fasiltas ini. Fitur ini merupakan fitur video yang bisa membuat gambar kita bergerak-gerak berulang kali. Meskipun belum ada suaranya, namun boomerang menjadi fitur yang paling banyak digunakan.

Filter di Instagram

Menyaingi media sebelumnya dengan fitur yang sama, Instagram kini juga memiliki filter yang tidak kalah menarik.

Polling

Social media influencer sepertinya cukup beruntung dengan adanya fitur ini. Kita yang membutuhkan pendapat pada sebuah kasus juga bisa menanyakan kepada followers.

Dari fitur-fitur yang disediakan oleh Instagram, kini Instagram tumbuh bukan hanya sebagai media sosial saja, tetapi Instagram bisa digunakan untuk hal lain. Ini di akibatkan oleh banyaknya pengguna pada Instagram, hal inilah yang membuat banyak orang mendapatkan ide memanfaatkan Instagram sebagai peluang.

Berikut beberapa inovasi yang dapat dilakukan menggunakan aplikasi Instagram selain sebagai media sosial :

A. Memajang hasil karya

Dengan menggunakan Instagram sebagai platform untuk menunjukkan hasil karya, tentu karya kita akan di lihat oleh banya orang diseluruh dunia. Karya itu bisa dapat erupa fotografi, videografi, lukisan, video menyanyi, puisi, dan lain sebagainya.

B. Membuat Portofolio

Menggunakan Instagram sebagai portofolio adalah hal baru. Portofolio yang bisa di buat pada instagram dapat berupa portofolio pekerjaan, perusahaan, penyewaan jasa dan lain sebagainya.

C. Berdagang

Berdagang di Instagram saat ini memiliki banyak peluang, dengan menjual barang-barang yang di gunakan oleh pengguna instagram yang memiliki banyak followers, barang tersebut akan dicari ole followersnya. Lalu ada juga sebuah promosi yang biasa disebut endorse yang dimana sang penjual barang mempromosikan barang jualannya melalui akun yang memiliki banyak followers.


BAB III


I. Kesimpulan

Dengan semakin majunya zaman, setiap orang harus memiliki kecerdikan untuk melihat peluang di suatu kejadian atau momen yang terjadi di sekitar kita pada saat ini. Dengan melihat peluang dalam setiap kesempatan, kita akan lebih mudah melewati perkembangan zaman pada saat ini.

Teknologi informasi merupakan salah satu media untuk mencari peluang dalam kesempatan tersebut. Karena pada zaman ini kita sudah masuk kedalam era informasi yang dimana teknologi informasi tidak luput dari eiatan sehari-hari manusia.

Dengan fitur-fiturnya yang beragam, Instagrammampu menciptakan banyak peluang bagi banyak orang pada zaman ini melakukan sebuah inovasi dengan menggunkan aplikasi instagram ini.



Daftar Pusaka


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Program Perulangan Sederhana Pada QBASIC

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Perbandingan Sistem Cerdas Pada 3 Negara di Asia (Dubai, Jepang, Indonesia)