MEMBUAT SEBUAH CREATIVE CONSULTANT
MEMBUAT SEBUAH CREATIVE
CONSULTANT
NAMA : Alief Nur Hidayatullah
NPM : 10116593
KELAS : 2KA27
DOSEN : Dina Agusten
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2017
BAB 1
LATAR BELAKANG
Kreativitas
adalah sebagai suatu proses untuk menghasilkan yang baru, apakah itu berupa
gagasan atau benda dalam bentuk atau rangkaian yang menghasilkan.Kreatifitas di
dunia saat ini selalu bertambah setiap saat seiring berkembangnya zaman.
Masyarakat dunia memiliki tingkatan dan selera berkarya berbeda-beda. Hal ini
dipengaruhi oleh berbagai latar belakang yang dimiliki tiap individu atau
kelompok didunia. Kreatifitas tidak bisa muncul begitu saja, proses berkarya
perlu melalui bermacam-macam tahap.
Kreatifitas
muncul karena adanya masalah lalu orang memikirkan suatu ide untuk memecahkan
masal tersebut. Selera berkarya setiap orang pasti berbeda-beda, tergantung
oleh apa yang mereka sukai.Kreatifitas bukan saja muncul pada manusia era
modern, tetapi kreatifitas sudah terlihat dari beberapa bukti di berbagai
tempat di seluruh penjuru dunia, dimulai dari lukisan-lukisan yang terdapat di
goa-goa tua hingga patung-patung yang ditemukan oleh pra ilmuwan masa kini.
Saat
ini kreatifitas didunia memasuki era modern, dimana banyak karya seni sudah
menggunakan teknologi masa kini untuk proses pembuatannya, mulai dari musik, karya
instalasi hingga desain visual.
BAB 2
Industri
kreatif di Indonesia saat ini sudah menjamur dimanapun, hampir setiap daerah
memiliki produk kreatif masing-masing. Produk kreatif bisa berupa fisik,
non-fisik maupun digital. Pada era modern ini, produk kreatif berupa digital
memiliki kemajuan yang sangat pesat. Banyak anak bangsa yang berlomba-lomba
membuat produk kreatif di segala bidang dan beraneka ragam.
Hal
ini tidak terlepas dari beragamnya suku dan budaya yang terdapat di Indonesia . Dengan beragamnya suku dan budaya
di Indonesia para pegiat kreatif memiliki banyak sekali inspirasi . Dari beragamnya suku dan budaya
di Indonesia pegiat kreatif mendapatkan ide-ide yang baru dengan memadupadankan
ide mereka dengan kearifan lokal yanga ada di Indonesia. Selain itu pegiat
kreatif juga dapat mencari ide-ide yang tersebar secara luas di internet. Ide untuk
para pegiat kreatif bukan hanya suatu karya seni, tetapi juga bisa berupa tren
masa kini, gejala sosial, kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat pada saat
ini dan lain-lain. Seorang pegiat kreatif harus mampu mencari peluang dari
setiap keadaan yang terjadi dan membuat suatu produk kreatif untuk
menyelesaikan hal tersebut.
Tingkat
kreatifitas masyarakat juga semakin tinggi seiring berkembangnya teknologi
informasi pada zaman ini. Kini banyak muncul produk-produk kreatif berbasis
teknologi karya anak bangsa. Masyarakat sekarang dapat dengan mudah mengakses
data-data informasi yang terdapat di seluruh dunia dengan menggunakan teknologi
internet. Dengan adanya internet, produk kreatifitas memiliki wadah yang lebih
luas. Dengan teknologi internet, para pegiat kreatif dapat mencari ide dan juga
memasarkan produknya kepada masyarakat luas.
Agensi
konsultan kreatif adalah sebuah agensi yang terdiri dari sebuah tim yang
menawarkan ide-ide kreatif untuk meningkatkan kinerja sebuah perusahaan dan
juga membantu memperkenalkan sebuah perusahaan produk maupun jasa.
Dalam
pekerjaan sebuah agensi konsultan kreatif, sebuah agensi konsultan harus mampu
menumbuhkan ide-ide dari deskripsi yang telah di berikan oleh klien. Deskripsi
tersebut dapat berupa masalah yang terjadi saat ini, kriteria produk dan
sasaran produk.
Sebuah
agensi koonsultan kreatif memiliki tim yang dimana setiap individunya memiliki
keahlian beragam, intinya dengan tim tersebut sebuah ide kreatif dapat
diciptakan dengan bekerja sama satu sama lainnya, mereka berdiskusi untuk menemukan
ide yang kreatif dan efisien untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
kliennya.
Tim
dari sebuah agensi konsultan kreatif memiliki keahlian masing-masing yaitu :
- Web design dan development, tugasnya
untuk membuat dan mendesain sebuah web jika klien ingin dibuatkan sebuah web.
- Programmer, tugasnya membuat
sebuah program atau aplikasi yang memudahkan sebuah pekerjaan yang dilakukan
sebuah perusahaan.
- Desain grafis, tugasnya untuk
membuat konten visual untuk kenutuhan promoting, reklame pamflet, brosur dan
lain-lain.
- Copywriter, tugasnya merangkai
kata sedemikian rupa sehingga terlihat menarik untuk dibaca, biasanya digunakan
untuk promoting.
- fotografer, tugasnya membuat konten foto untuk produk maupun jasa yang ingin di perkenalkan.
- fotografer, tugasnya membuat konten foto untuk produk maupun jasa yang ingin di perkenalkan.
- Videografer, tugasnya untuk
membuat konten video untuk memperkenalkan sebuah produk maupun jasa.
Dan
masih banyak lagi keahlian yang harus di miliki sebuah tim dari agensi
konsultan kreatif, dari keahlian diatas mereka akan berdiskusi untuk membuat
sebuah ide atau pemikiran kreatif dari apa yang diminta oleh seorang klien.
Setiap individu di sebuah tim dapat merangkap beberapa pekerjaan di sebuah tim,
karena setiap individu diharapkan memiliki keahlian multi-tasking.
Klien
dari konsultan kreatif biasanya mereka memiliki sebuah perusahaan, produk
bisnis, start up dan lain-lain. Intinya mereka ingin meminta kepada sebuah
agensi konsultan kreatif untuk merancang semua kegiatan yang akan dilakukan
untuk mendongkrak pertumbuhan perusahaan nya secara kreatif, lalu
mengerjakannya sesuai kesepakatan antar konsultan dengan kliennya.
Konsultan
kreatif memiliki klien yang bukan saja berasal dari dalam negeri, tetapi dari
luar negeri pun dapat menggunakan jasa mereka, itu semua sesuai dengan apa
selera klien. Klien dari sebuah agensi konsultan kreatif bisa melihat hasil
kerja yang sebelumnya mereka lakukan dengan melihat portofolio dari agensi
konsultan kreatif tersebut.
Sebuah
agensi konsultan kreatif harus memiliki portofolio, yang dimana didalam
portofolio tersebut berisi tentang tujuan, visi dan misi, keunggulan hingga
hasil kerja yang sebelumnya mereka kerjakan. Portofolio berguna untuk
meningkatkan tingkat kepercayaan calon klien dan juga menyampaikan gagasan dan
ide yang mungkin akan sejalan dengan calon kliennya.
Saat
ini agensi konsultan kreatif di Indonesia masih terbilang sedikit, karena banyak
pemikir kreatif belum banyak yang melihat peluang besar ini, sedangkan industri
kreatif di Indonesia terus berkembang pesat. Hampir semua perusahaan saat ini
kesulitan memasarkan atau meningkatkan performa kegiatan pekerjaan di
perusahaan mereka secara kreatif dan efisien karena keterbatasan pemikir
kreatif yang dimiliki sebuah perusahaan.
BAB 3
KESIMPULAN
Dengan
berkembang pesatnya kebutuhan akan industri kreatif di Indonesia, membuat
agensi konsultan kreatif di Indonesia tampak menjanjikan. Ditambah dengan masih
sedikitnya jumlah agensi konsultan kreatif di Indonesia, menjadikan pekerjaan
konsultan kreatif memiliki peluang yang sangat besar didalamnya.
Kemajuan
teknologi digital di era modern ini juga membuka peluang besar terhadap sebuah
agensi konsultan kreatif untuk lebih melebarkan sayapnya di dunia digital ini.
Karena pada dasarnya dunia digital tidak terlepas dari teknologi informasi yang
dimana hal ini terus akan berkembang seiring dengan berkembangnya zaman.
Berubahnya
pola kreatif masyarakat dunia juga membuka peluang besar terhadap agensi
konsultan kreatif untuk menyampaikan ide dan gagasan kreatifnya kepada masyarakat
dunia.
REFERENSI :
Komentar
Posting Komentar