MEMBUAT SEBUAH CREATIVE CONSULTANT

MEMBUAT SEBUAH CREATIVE CONSULTANT




NAMA      : Alief Nur Hidayatullah
NPM          : 10116593
KELAS     : 2KA27
DOSEN    : Dina Agusten



UNIVERSITAS GUNADARMA
2017


BAB 1
LATAR BELAKANG

Kreativitas adalah sebagai suatu proses untuk menghasilkan yang baru, apakah itu berupa gagasan atau benda dalam bentuk atau rangkaian yang menghasilkan.Kreatifitas di dunia saat ini selalu bertambah setiap saat seiring berkembangnya zaman. Masyarakat dunia memiliki tingkatan dan selera berkarya berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai latar belakang yang dimiliki tiap individu atau kelompok didunia. Kreatifitas tidak bisa muncul begitu saja, proses berkarya perlu melalui bermacam-macam tahap.

Kreatifitas muncul karena adanya masalah lalu orang memikirkan suatu ide untuk memecahkan masal tersebut. Selera berkarya setiap orang pasti berbeda-beda, tergantung oleh apa yang mereka sukai.Kreatifitas bukan saja muncul pada manusia era modern, tetapi kreatifitas sudah terlihat dari beberapa bukti di berbagai tempat di seluruh penjuru dunia, dimulai dari lukisan-lukisan yang terdapat di goa-goa tua hingga patung-patung yang ditemukan oleh pra ilmuwan masa kini.

Saat ini kreatifitas didunia memasuki era modern, dimana banyak karya seni sudah menggunakan teknologi masa kini untuk proses pembuatannya, mulai dari musik, karya instalasi hingga desain visual.


BAB 2
PEMBAHASAN





Industri kreatif di Indonesia saat ini sudah menjamur dimanapun, hampir setiap daerah memiliki produk kreatif masing-masing. Produk kreatif bisa berupa fisik, non-fisik maupun digital. Pada era modern ini, produk kreatif berupa digital memiliki kemajuan yang sangat pesat. Banyak anak bangsa yang berlomba-lomba membuat produk kreatif di segala bidang dan beraneka ragam.

Hal ini tidak terlepas dari beragamnya suku dan budaya yang terdapat di  Indonesia . Dengan beragamnya suku dan budaya di Indonesia para pegiat kreatif memiliki banyak sekali  inspirasi . Dari beragamnya suku dan budaya di Indonesia pegiat kreatif mendapatkan ide-ide yang baru dengan memadupadankan ide mereka dengan kearifan lokal yanga ada di Indonesia. Selain itu pegiat kreatif juga dapat mencari ide-ide yang tersebar secara luas di internet. Ide untuk para pegiat kreatif bukan hanya suatu karya seni, tetapi juga bisa berupa tren masa kini, gejala sosial, kebutuhan yang dibutuhkan oleh masyarakat pada saat ini dan lain-lain. Seorang pegiat kreatif harus mampu mencari peluang dari setiap keadaan yang terjadi dan membuat suatu produk kreatif untuk menyelesaikan  hal tersebut.

Tingkat kreatifitas masyarakat juga semakin tinggi seiring berkembangnya teknologi informasi pada zaman ini. Kini banyak muncul produk-produk kreatif berbasis teknologi karya anak bangsa. Masyarakat sekarang dapat dengan mudah mengakses data-data informasi yang terdapat di seluruh dunia dengan menggunakan teknologi internet. Dengan adanya internet, produk kreatifitas memiliki wadah yang lebih luas. Dengan teknologi internet, para pegiat kreatif dapat mencari ide dan juga memasarkan produknya kepada masyarakat luas.

Agensi konsultan kreatif adalah sebuah agensi yang terdiri dari sebuah tim yang menawarkan ide-ide kreatif untuk meningkatkan kinerja sebuah perusahaan dan juga membantu memperkenalkan sebuah perusahaan produk maupun jasa.

Dalam pekerjaan sebuah agensi konsultan kreatif, sebuah agensi konsultan harus mampu menumbuhkan ide-ide dari deskripsi yang telah di berikan oleh klien. Deskripsi tersebut dapat berupa masalah yang terjadi saat ini, kriteria produk dan sasaran produk.

Sebuah agensi koonsultan kreatif memiliki tim yang dimana setiap individunya memiliki keahlian beragam, intinya dengan tim tersebut sebuah ide kreatif dapat diciptakan dengan bekerja sama satu sama lainnya, mereka berdiskusi untuk menemukan ide yang kreatif dan efisien untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi kliennya.


Tim dari sebuah agensi konsultan kreatif memiliki keahlian masing-masing yaitu :

- Web design dan development, tugasnya untuk membuat dan mendesain sebuah web jika klien ingin dibuatkan sebuah web.

- Programmer, tugasnya membuat sebuah program atau aplikasi yang memudahkan sebuah pekerjaan yang dilakukan sebuah perusahaan.

- Desain grafis, tugasnya untuk membuat konten visual untuk kenutuhan promoting, reklame pamflet, brosur dan lain-lain.

- Copywriter, tugasnya merangkai kata sedemikian rupa sehingga terlihat menarik untuk dibaca, biasanya digunakan untuk promoting.

- fotografer, tugasnya membuat konten foto untuk produk maupun jasa yang ingin di perkenalkan.

- Videografer, tugasnya untuk membuat konten video untuk memperkenalkan sebuah produk maupun jasa.

Dan masih banyak lagi keahlian yang harus di miliki sebuah tim dari agensi konsultan kreatif, dari keahlian diatas mereka akan berdiskusi untuk membuat sebuah ide atau pemikiran kreatif dari apa yang diminta oleh seorang klien. Setiap individu di sebuah tim dapat merangkap beberapa pekerjaan di sebuah tim, karena setiap individu diharapkan memiliki keahlian multi-tasking.

Klien dari konsultan kreatif biasanya mereka memiliki sebuah perusahaan, produk bisnis, start up dan lain-lain. Intinya mereka ingin meminta kepada sebuah agensi konsultan kreatif untuk merancang semua kegiatan yang akan dilakukan untuk mendongkrak pertumbuhan perusahaan nya secara kreatif, lalu mengerjakannya sesuai kesepakatan antar konsultan dengan kliennya.

Konsultan kreatif memiliki klien yang bukan saja berasal dari dalam negeri, tetapi dari luar negeri pun dapat menggunakan jasa mereka, itu semua sesuai dengan apa selera klien. Klien dari sebuah agensi konsultan kreatif bisa melihat hasil kerja yang sebelumnya mereka lakukan dengan melihat portofolio dari agensi konsultan kreatif tersebut.

Sebuah agensi konsultan kreatif harus memiliki portofolio, yang dimana didalam portofolio tersebut berisi tentang tujuan, visi dan misi, keunggulan hingga hasil kerja yang sebelumnya mereka kerjakan. Portofolio berguna untuk meningkatkan tingkat kepercayaan calon klien dan juga menyampaikan gagasan dan ide yang mungkin akan sejalan dengan calon kliennya.

Saat ini agensi konsultan kreatif di Indonesia masih terbilang sedikit, karena banyak pemikir kreatif belum banyak yang melihat peluang besar ini, sedangkan industri kreatif di Indonesia terus berkembang pesat. Hampir semua perusahaan saat ini kesulitan memasarkan atau meningkatkan performa kegiatan pekerjaan di perusahaan mereka secara kreatif dan efisien karena keterbatasan pemikir kreatif yang dimiliki sebuah perusahaan.


BAB 3
KESIMPULAN


Dengan berkembang pesatnya kebutuhan akan industri kreatif di Indonesia, membuat agensi konsultan kreatif di Indonesia tampak menjanjikan. Ditambah dengan masih sedikitnya jumlah agensi konsultan kreatif di Indonesia, menjadikan pekerjaan konsultan kreatif memiliki peluang yang sangat besar didalamnya.

Kemajuan teknologi digital di era modern ini juga membuka peluang besar terhadap sebuah agensi konsultan kreatif untuk lebih melebarkan sayapnya di dunia digital ini. Karena pada dasarnya dunia digital tidak terlepas dari teknologi informasi yang dimana hal ini terus akan berkembang seiring dengan berkembangnya zaman.

Berubahnya pola kreatif masyarakat dunia juga membuka peluang besar terhadap agensi konsultan kreatif untuk menyampaikan ide dan gagasan kreatifnya kepada masyarakat dunia.

REFERENSI :
















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Membuat Animasi Jalan Raya

Membuat Biodata Sederhana Menggunakan QBASIC

Membuat Program Perulangan Sederhana Pada QBASIC