Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Tren Fashion Dunia

Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Tren Fashion Dunia



NAMA      : Alief Nur Hidayatullah
NPM          : 10116593
KELAS      : 2KA27
DOSEN     : Dina Agusten


UNIVERSITAS GUNADARMA
2017



BAB 1

I. Latar belakang

Tren fashion dunia seakan akan tidak ada habisnya. Hampir setiap tempat, budaya maupun kelompok tertentu memiliki ciri fashion masing-masing. Fashion sendiri sekarang sudah nenjadi gaya hidup yang sangat dipertimbangkan oleh banyak orang. Fashion itu sendiri muncul seiring dengan kebutuhan manusianya, mulai dari pelindung tubuh, memperindah tampilan maupun untuk menunjukkan hasil seni yang mungkin tidak bisa di pahami oleh beberapa orang.
Saat ini dunia memiliki ratusan bahkan ribuan tren fashion di seluruh dunia. Hal ini tidak akan pernah berhenti, hampir di setiap saat  selalu saja ada tren fashion baru.
Semenjak dunia ini mengenal era informasi, dunia fashion pun seakan-akan mudah untuk diakses oleh siapapun. Hal ini lah yang mengubah tren fashion di suatu tempat atau daerah, karena setiap orang dapat melihat tren fashion yang sedang digandrungi oleh banyak orang di dunia.
Ini menunjukkan betapa masyarakat sekarang ini sudah sangat menyadari akan kebutuhan fashion yang lebih dari sekedar berpakaian, tapi juga bergaya dan trendi. Karena pakaian adalah salah satu mesin komunikasi (Umberto Eco, 1976) atau sarana komunikasi dalam masyarakat, maka masyarakat sadar atai tidak sadara bisa menilai kepibadian seseorang dari apa yang dipakainya.  





BAB 2


I. Pembahasan

Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Globalisasi adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang melintasi batas negara. Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara.
Fashion berasal dari kata bahasa inggris yang berarti mode, cara, gaya, model dan kebiasaan. Fashion adalah istilah umum untuk gaya populer atau praktek, khususnya di pakaian, alas kaki, aksesoris, make up, body piercing, atau furnitur. Fashion adalah setiap mode pakaian atau perhiasan yang populer selama waktu tertentu atau pada tempat tertentu. Istilah fashion sering digunakan dalam arti positif, sebagai sinonim untuk glamour, keindahan dan gaya atau style yang terus mengalamai perubahan dari satu periode ke periode berikutnya, dari generasi ke generasi. Juga berfungsi sebagai refleksi dari status sosial dan ekonomi, fungsi yang menjelaskan popularitas banyak gaya sepanjang sejarah kostum. Fashion atau mode semakin menjadi industri yang menguntungkan di dunia internasional sebagai akibat dari munculnya rumah-rumah mode terkenal di dunia dan majalah fashion.
Pengertian fashion secara umum adalah suatu sistem penanda dari perubahan budaya menurut suatu kelompok atau adat tertentu. Bisa juga sebagai strata pembagian kelas, status, pekerjaan dan kebutuhan untuk menyeragamkan suatu pakaian yang sedang merek.
                Fashion sendiri pada masyarakat dapat mencerminkan atau menunjukkan kepribadian maupun tingkah laku seseorang, semua orang pastinya memiliki selera berbusana yang berbeda-beda, busana masyarakat dunia memiliki banyak latar belakang seperti daerah, budaya, maupun ciri dari suatu kelompok masyarakat.

                Perubahan tren fashion di dunia tidak melulu mengacu pada pembaruan, tetapi bisa juga gaya lama atau old style dapat popular kembali seiring jaman atau ada yang memicu hal tersebut dapat terjadi.

Pada era informasi seperti saat ini tren fashion dunia memiliki berbagai macam tren fashion, karena setiap orang saat ini dapat melihat bagaimana tren fashion di suatu daerah dan memadu padankannya sehingga hal ini memicu terciptanya tren fashion baru. Maka tidak heran jika dunia fashion sekarang ini memiliki keberagaman jenis.
Semua hal mengenai dunia fashion dapat diperoleh oleh masyarakat dunia dengan:

1. media cetak elektronik seperti web fashion dan e-magazine (seperti e-book),
semua orang sekarang dengan mudah mengakses web fashion dan mendownload e-magazine, dengan hal inilah kemajuan tren fashion didunia berkembang sangat pesat. Di dalam web fashion dan e-magazine dapat diperoleh tren fashion dunia saat ini, berbagai macam jenis pakaian di seluruh dunia, hingga ajang fashion ternama yang melibatkan banyak merk-merk pakaian internasional yang sudah di kenapa oleh masyarakat dunia.

2. Media elektronik video seperti televisi, videotron maupun youtube.
Brand-brand pakaian biasanya menggunakan  televisi, videotron maupun youtube untuk memperkenalkan produk mereka. Televisi, videotron maupun youtube sudah menjadi konsumsi publik, setiap orang dapat dengan mudah mengakses media ini. Dengan melihat produk-produk tersebut orang akan mengetahui apa gaya busana yang sedang tren saat ini sehingga mereka mencontohnya.

3. Media sosial
Media sosial adalah platform yang mungkin memiliki pengaruh besar dalam perkembangan fashion di dunia. Didalam media sosial kita dapat menemukan brand-brand yang menjual dan memamerkan pakaian yang mereka produksi, lalu kita bisa menemukan public figure yang biasanya menggunakan produk dari brand-brand terkenal untuk mempromosikannya, peran public figure disinilah yang memiliki pengaruh besar dalam memberikan atau memperkenalkan sebuah tren fashion baru, karena mereka memiliki fans atau pengikut yang dimana sangat mudah terpengaruh oleh apa yang dilakukan oleh idolanya.


4. Web fashion design 3D
Web fashion design 3D merupakan hal baru dalam perkembangan fashion di dunia. Jika dahulu desainer pakaian sulit untuk membuat desain pakaian lalu memasarkannya, didalam web fashion design 3D ini mereka dengan mudah mendesain pakaian mereka dan memarkannya ke seluruh dunia. Di dalam web fashion design 3D seorang desainer pakaian dapat mendesain pakaiannya di dalam web tersebut dalam bentuk 3D, Web ini menyediakan software yang dimana dapat digunakan oleh desainer pakaian untuk merancang pakaiannya kemudian memamerkannya untuk di jual, para desainer bisa menjual desainnya saja ataupun dapat membuatkannya juga. Selain itu desainer juga dapat memajang portofolio mereka untuk dibaca oleh pengunjung web, gunanya adalah untuk mencari klien yang memiliki gaya atau desain pakaian yang sesuai dengan gaya dari desainer tersebut.

            Semua yang terjadi dalam perkembangan fashion di sunia tidak terlepas dari peran media-media diatas. Media tersebut memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap masyarakat dunia dalam bagaimana cara mereka memiliki gaya berbusana sehingga dapat kita temukan tren fashion yang terus berkembang.

Jelas semua ini tidak terlepas dari teknologi informasi yang telah di gunakan oleh manusia pada era informasi ini. Teknologi informasi memudahkan manusia dalam mendapatkan banyak wawasan tentang akan hal apapun termasuk tren fashion. Pada era ini seakan-akan teknologi informasi tidak ada habis-habisnya mengeluarkan inovasi-inovasi baru yang membantu manusia dalam melakukan berbagai hal.



BAB 3

I. Kesimpulan

            Tren fashion di dunia ini tidak begitu saja mengalami kemajuan. Tren fashion dunia mengalami perkembangan yang sangat maju dan pesat sebab adanya teknologi informasi yang mewadahi itu semua . Hal ini ditandai dengan banyaknya gaya berbusana yang banyak bermunculan setiap saatnya. Fashion seakan menjadi gaya hidup yang banyak dipertimbangkan oleh banyak orang sebagai gaya hidup primernya.

            Teknologi yang digunakan dalam perkembangan fashion dunia terus mengalami kemajuan dari tahun ke tahun, banyak busana yang mungkin hanya dipakai oleh segelintir orang ataupun hanya digunakan oleh orang-orang di suatu daerah, kini busana tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas dan mengubah tren fashion didunia.

            Industri fashion juga menarik banyak orang untuk bergelut didalamnya, yang dimana sebelumnya tren fashion hanya dimiliki oleh kalangan tertentu kini banyak orang yang memberi andil didalam perkembangannya. Yang berarti teknologi informasi didalam dunia fashion telah menjadi ladang mata pencaharian masyarakat dunia semakin banyak.



               
Daftar pustaka



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Program Perulangan Sederhana Pada QBASIC

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Perbandingan Sistem Cerdas Pada 3 Negara di Asia (Dubai, Jepang, Indonesia)