Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Tren Fashion Dunia
Penggunaan
Teknologi Informasi Dalam Tren Fashion Dunia
NAMA : Alief Nur Hidayatullah
NPM : 10116593
KELAS : 2KA27
DOSEN : Dina
Agusten
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2017
BAB 1
I. Latar
belakang
Tren fashion dunia seakan akan tidak ada habisnya. Hampir setiap
tempat, budaya maupun kelompok tertentu memiliki ciri fashion masing-masing.
Fashion sendiri sekarang sudah nenjadi gaya hidup yang sangat dipertimbangkan
oleh banyak orang. Fashion itu sendiri muncul seiring dengan kebutuhan
manusianya, mulai dari pelindung tubuh, memperindah tampilan maupun untuk
menunjukkan hasil seni yang mungkin tidak bisa di pahami oleh beberapa orang.
Saat ini dunia memiliki ratusan bahkan ribuan tren fashion di
seluruh dunia. Hal ini tidak akan pernah berhenti, hampir di setiap saat selalu saja ada tren fashion baru.
Semenjak dunia ini mengenal era informasi, dunia fashion pun
seakan-akan mudah untuk diakses oleh siapapun. Hal ini lah yang mengubah tren
fashion di suatu tempat atau daerah, karena setiap orang dapat melihat tren
fashion yang sedang digandrungi oleh banyak orang di dunia.
Ini menunjukkan betapa masyarakat sekarang ini sudah sangat
menyadari akan kebutuhan fashion yang lebih dari sekedar berpakaian, tapi juga
bergaya dan trendi. Karena pakaian adalah salah satu mesin komunikasi (Umberto
Eco, 1976) atau sarana komunikasi dalam masyarakat, maka masyarakat sadar atai
tidak sadara bisa menilai kepibadian seseorang dari apa yang dipakainya.
BAB 2
I. Pembahasan
Globalisasi adalah keterkaitan dan
ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui
perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi
yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Globalisasi
adalah suatu proses di mana antar individu, antar kelompok, dan antar negara
saling berinteraksi, bergantung, terkait, dan memengaruhi satu sama lain yang
melintasi batas negara. Dalam banyak hal, globalisasi mempunyai banyak
karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini
sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering menggunakan istilah globalisasi
yang dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara.
Fashion berasal dari kata bahasa inggris yang berarti mode, cara, gaya,
model dan kebiasaan. Fashion adalah istilah umum untuk gaya populer atau
praktek, khususnya di pakaian, alas kaki, aksesoris, make up, body piercing,
atau furnitur. Fashion adalah setiap mode pakaian atau perhiasan yang populer
selama waktu tertentu atau pada tempat tertentu. Istilah fashion sering
digunakan dalam arti positif, sebagai sinonim untuk glamour, keindahan dan gaya
atau style yang terus mengalamai perubahan dari satu periode ke periode
berikutnya, dari generasi ke generasi. Juga berfungsi sebagai refleksi dari
status sosial dan ekonomi, fungsi yang menjelaskan popularitas banyak gaya
sepanjang sejarah kostum. Fashion atau mode semakin menjadi industri yang
menguntungkan di dunia internasional sebagai akibat dari munculnya rumah-rumah
mode terkenal di dunia dan majalah fashion.
Pengertian fashion secara umum
adalah suatu sistem penanda dari perubahan budaya menurut suatu kelompok atau
adat tertentu. Bisa juga sebagai strata pembagian kelas, status, pekerjaan dan
kebutuhan untuk menyeragamkan suatu pakaian yang sedang merek.
Fashion sendiri pada masyarakat dapat
mencerminkan atau menunjukkan kepribadian maupun tingkah laku seseorang, semua
orang pastinya memiliki selera berbusana yang berbeda-beda, busana masyarakat
dunia memiliki banyak latar belakang seperti daerah, budaya, maupun ciri dari
suatu kelompok masyarakat.
Perubahan tren fashion di dunia tidak melulu
mengacu pada pembaruan, tetapi bisa juga gaya lama atau old style dapat popular
kembali seiring jaman atau ada yang memicu hal tersebut dapat terjadi.
Pada era informasi seperti saat ini
tren fashion dunia memiliki berbagai macam tren fashion, karena setiap orang
saat ini dapat melihat bagaimana tren fashion di suatu daerah dan memadu
padankannya sehingga hal ini memicu terciptanya tren fashion baru. Maka tidak
heran jika dunia fashion sekarang ini memiliki keberagaman jenis.
Semua hal mengenai dunia
fashion dapat diperoleh oleh masyarakat dunia dengan:
1. media cetak elektronik seperti web fashion
dan e-magazine (seperti e-book),
semua orang sekarang dengan mudah
mengakses web fashion dan mendownload e-magazine, dengan hal inilah kemajuan tren
fashion didunia berkembang sangat pesat. Di dalam web fashion dan e-magazine dapat
diperoleh tren fashion dunia saat ini, berbagai macam jenis pakaian di seluruh
dunia, hingga ajang fashion ternama yang melibatkan banyak merk-merk pakaian
internasional yang sudah di kenapa oleh masyarakat dunia.
2. Media elektronik video seperti televisi,
videotron maupun youtube.
Brand-brand pakaian biasanya
menggunakan televisi, videotron maupun youtube
untuk memperkenalkan produk mereka. Televisi, videotron maupun youtube sudah
menjadi konsumsi publik, setiap orang dapat dengan mudah mengakses media ini.
Dengan melihat produk-produk tersebut orang akan mengetahui apa gaya busana
yang sedang tren saat ini sehingga mereka mencontohnya.
3. Media sosial
Media sosial
adalah platform yang mungkin memiliki pengaruh besar dalam perkembangan fashion
di dunia. Didalam media sosial kita dapat menemukan brand-brand yang menjual
dan memamerkan pakaian yang mereka produksi, lalu kita bisa menemukan public
figure yang biasanya menggunakan produk dari brand-brand terkenal untuk
mempromosikannya, peran public figure disinilah yang memiliki pengaruh besar
dalam memberikan atau memperkenalkan sebuah tren fashion baru, karena mereka
memiliki fans atau pengikut yang dimana sangat mudah terpengaruh oleh apa yang
dilakukan oleh idolanya.
4. Web fashion design 3D
Web fashion design 3D merupakan hal
baru dalam perkembangan fashion di dunia. Jika dahulu desainer pakaian sulit
untuk membuat desain pakaian lalu memasarkannya, didalam web fashion design 3D ini
mereka dengan mudah mendesain pakaian mereka dan memarkannya ke seluruh dunia.
Di dalam web fashion design 3D seorang desainer pakaian dapat mendesain
pakaiannya di dalam web tersebut dalam bentuk 3D, Web ini menyediakan
software yang dimana dapat digunakan oleh desainer pakaian untuk merancang
pakaiannya kemudian memamerkannya untuk di jual, para desainer bisa menjual
desainnya saja ataupun dapat membuatkannya juga. Selain itu desainer juga dapat
memajang portofolio mereka untuk dibaca oleh pengunjung web, gunanya adalah
untuk mencari klien yang memiliki gaya atau desain pakaian yang sesuai dengan
gaya dari desainer tersebut.
Semua yang terjadi dalam perkembangan fashion di sunia tidak
terlepas dari peran media-media diatas. Media tersebut memiliki pengaruh yang
sangat besar terhadap masyarakat dunia dalam bagaimana cara mereka memiliki
gaya berbusana sehingga dapat kita temukan tren fashion yang terus berkembang.
Jelas semua ini tidak terlepas dari teknologi informasi yang telah di
gunakan oleh manusia pada era informasi ini. Teknologi informasi memudahkan
manusia dalam mendapatkan banyak wawasan tentang akan hal apapun termasuk tren
fashion. Pada era ini seakan-akan teknologi informasi tidak ada habis-habisnya
mengeluarkan inovasi-inovasi baru yang membantu manusia dalam melakukan
berbagai hal.
BAB 3
I. Kesimpulan
Tren fashion di dunia
ini tidak begitu saja mengalami kemajuan. Tren fashion dunia mengalami
perkembangan yang sangat maju dan pesat sebab adanya teknologi informasi yang
mewadahi itu semua . Hal ini ditandai dengan banyaknya
gaya berbusana yang banyak bermunculan setiap saatnya. Fashion seakan menjadi
gaya hidup yang banyak dipertimbangkan oleh banyak orang sebagai gaya hidup
primernya.
Teknologi
yang digunakan dalam perkembangan fashion dunia terus mengalami kemajuan dari
tahun ke tahun, banyak busana yang mungkin hanya dipakai oleh segelintir orang
ataupun hanya digunakan oleh orang-orang di suatu daerah, kini busana tersebut
dapat dikenal oleh masyarakat luas dan mengubah tren fashion didunia.
Industri
fashion juga menarik banyak orang untuk bergelut didalamnya, yang dimana
sebelumnya tren fashion hanya dimiliki oleh kalangan tertentu kini banyak orang
yang memberi andil didalam perkembangannya. Yang berarti teknologi informasi didalam
dunia fashion telah menjadi ladang mata pencaharian masyarakat dunia semakin
banyak.
Daftar pustaka
Komentar
Posting Komentar