Analisa Kraftwerk Power Plant

Analisa Kraftwerk Power Plant



Nama Kelompok :
- Alief Nur Hidayatullah (10116593)
- Fauzan (12116710)
- Muhammad Rizky Mulyadi (15116093)
Kelas         : 2KA27
Pelajaran   : Inovasi SI & New Technology #
Dosen        : Dina Agusten

Universitas Gunadarma
2017



BAB 1


I. Latar Belakang

Saat ini teknologi penyimpanan energi adalah teknologi yang tidak luput dari kebutuhan manusia, bahkan teknologi penyimpanan energi sangat dibutuhkan pada kehidupan sehari-hari manusia. Telepon Genggam, Laptop hingga kipas angin kini sudah memiliki kemajuan, alat-alat tersebut sudah menggunakan teknologi penyimpanan energi.
Sejarah perkembangan energi dimulai dari kebutuhan manusia akan sebuah teknologi yang dapat digunakan dimanapun, maka manusia membuat teknologi penyimpanan energi yang dapat di gunakan di manapun. Walaupun pada pertama pembuatannya, teknologi penyimpanan energi tidak begitu efisien, alat penyimpanannya pun masih dibilang banyak kekurangannya seperti memiliki ukuran yang besar dan kapasitas penyimpanannya yang sedikit.
Seiring berkembangnya waktu, media penyimpanan energi memiliki kemajuan. Media penyimpanan kini mudah dibawa kemanapun dan memiliki kapasitas yang cukup besar, media penyimpanan tersebut seperti aki, baterai, hingga power bank.
Namun seiring berkembangnya zaman, media penyimpanan saat ini menggunakan bahan bakar atau teknologi yang kurang ramah dengan lingkungan di bumi ini. Kraftwerk Power Plant akan menjawab semua tantangan kebutuhan media penyimpanan yang praktis, efisien dan ramah lingkungan.





BAB 2

I. Pembahasan

Media penyimpanan energi adalah suatu metode atau alat untuk menyimpan beberapa bentuk energi yang bisa diambil pada suatu waktu tertentu untuk berbagai kepentingan. Alat yang digunakan untuk menyimpan energi kadang-kadang disebut dengan akumulator. Semua bentuk energi yang termasuk ke dalam energi potensial (misal: energi kimia, energi listrik, dan sebagainya) atau energi termal dapat disimpan. Media penyimpanan sudah lekat dalam kehidupan sehari-hari manusia, mulai dari memasak, berkebun, berladang hingga penggunaan teknologi informasi.

Teknologi sel bahan bakar telah diberitakan sejak tahun 1950an (Wikipedia mengatakan referensi pertama tentang hal itu terjadi pada tahun 1838) namun gas dan bahan bakar fosil lainnya telah melampaui batas sebagai sumber energi yang disukai. Manusia melakukan aktifitasnya tidak selalu dekat dengan sumber energi seperti listrik, gas maupun minyak. Hal ini yang menyulitkan manusia untuk mencari sumber energi jika mereka membutuhkannya.

Namun seiring berjalannya waktu, teknologi media penyimpanan kini memngalami kemajuan yang sangat pesat, media penyimpanan kini memiliki desain yang sangat dinamis maka bisa di pegang dengan cara apapun, kemudian memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga dapat dibawa dimanapun, lalu memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Walaupun demikian seiring berkembangnya waktu, hal ini menjadi beban bagi bumi yang di huni manusia. Sumber energi seperti minyak, gas bumi dan sumber energi yang tidak bisa diperbaharui semakin menipis stoknya akibat eksploitasi berlebihan, bahkan manusia saat ini rela melakukan peperangan demi mendapatkan energi bumi tersebut. Hal inilah yang kemudian membuat manusia ingin menjawab tantangan yang terjadi di bumi saat ini. Membuat teknologi yang ramah lingkungan dengan cara memanfaatkan reaksi kimia untuk menghasilkan suatu energi yang tidak mengeksploitasi alam di bumi ini.

Kraftwerk Power Plant adalah salah satu ide teknologi brilian yang sukses menggemparkan dunia. Di era gadget dan internet ini, manusia sangat ketergantungan dengan handphone, komputer dan berbagai peralatan elektronik pendukung. Manusia sangat ingin mencari sumber listrik untuk menjalankan aktifitas mereka dimanapun dan kapanpun secara efisien. kecenderungan ini yang membuat produsen menciptakan teknologi ini.

Kraftwerk Power Plant ini pada dasarnya hampir sama dengan powerbank yang kita temukan saat ini. Powerbank adalah sebuah alat yang mampu menampung listrik dalam jumlah besar yang dapat dibawa kemanapun anda pergi namun alat itu juga membutuhkan aliran listrik untuk mengisi dayanya. Hal inilah yang akan diselesaikan oleh produsen Kraftwerk Power Plant.

Dengan kraftwerk powerplant yang mudah diisi ulang dan mempunyai daya besar untuk mensuplai energi iphone, tablet, laptop, dan segala peralatan elektronik Anda. Penggagas teknologi ini adalah tim riset Dr. saschan kuhn dari Ezzeleron, inc startup company dari Dresden, Germany mengembangkan nano microtobular fuelsell. Mekanisme teknologi ini.

Power bank ramah lingkungan sebesar genggaman tangan ini mampu membangkitkan listrik dari gas. Semua jenis gas dapat dirubah menjadi energi listrik dengan alat ini. Ide yang sangat brilian dengan keadaan bumi pada saat ini. Pertama gas cair seperti gas korek api atau gas LPG disuntukkan ke dalam refill valve, kemudian gas mengalir menuju generator power plant dengan bantuan micro blower dan gas control unit. Inti teknologi ini terdapat pada microtubular metalic fuelcell dimana alat ini mampu mengubah gas menjadi listrik dan dikeluarkan melalui power elektronik. Karena berbagai peralatan elektronik sekarang ini berbasis mobile maka output krafwerk dibuat bisa dicolok USB.

Pengisian Kraftwerk dapat menggunakan gas ringan, gas camping atau butana yang dimana semua ini adalah bahan bakar ramah lingkungan. Kartrid tersedia di seluruh dunia di toko ritel dengan harga sangat rendah. Ini bukan sistem pelepasan paten, ada banyak produsen di seluruh dunia.

Dr. Seschan Kuhn di German sendiri Kraftwerk artinya adalah pembangkit listrik. Krafwerk menjadi konsep baru mini power plant yang akan menggantikan power bank. Dr. Seschan Kuhn pun mengatakan kraftwerk adalah pembangkit listrik portabel yang akan menjadi milik anda karena:

- Luar biasa kecil dan sangat efisien
- Sepenuhnya independen dari setiap jaringan listrik atau stopkontak
- Persediaan daya andal - dimanapun dan kapanpun
- Teknologi sel bahan bakar baru dan perintis
- Keuntungan yang tak ternilai baik dalam kehidupan sehari-hari maupun saat bepergian ke ujung bumi







Setiap unit memiliki berat 200 g (7 oz) saat penuh, berukuran 10 x 7,5 x 3 cm (3,94 x 2,95 x 1,18 in), dan satu port USB untuk mengisi daya perangkat seluler.







eZelleron mengatakan bahwa kraftwerk akan mengenakan biaya iPhone hingga 11 kali. Jika merujuk pada iPhone 6 dengan kapasitas baterai 1.810 mAh maka Kraftwerk Power Plant akan menampung kapasitas energi kurang lebih sebesar 20.000 mAh. Kraftwerk akan tersedia secara komersial seharga $ 149.
Cara Penggunaannya sangat sederhana, gunakan kabel dengan port usb untuk menyambungkan alat elektronik yang ingin di isi ulang dengan Kraftwerk. Untuk pengisian yaitu, gas cair seperti gas korek api atau gas LPG disuntukkan ke dalam refill valve, ini hanya memakan waktu 3 detik dan Kraftwerk pun sudah terisi penuh. Kraftwerk menunjukkan tiga detak jantung LED, menerangi simbol kraftwerk setiap kali memasang perangkat. Jika warna detak jantung berwarna kuning, maka berarti tangki sudah penuh. Denyut jantung berubah menjadi warna merah yang lebih gelap karena semakin berkurang energinya.
  


BAB 3

I. Analisa

Kraftwerk Power Plant adalah teknologi terobosan baru yang sangat di butuhkan oleh manusia pada saat ini. Dengan stok sumber daya alam yang kian menipis, Kraftwerk memberikan jawaban terhadap masalah kekurangan sumber daya alam di muka bumi ini.
Dengan desain yang sangat kecil, Kraftwerk pun mempermudah manusia untuk membawa media penyimpanan kemanapun mereka pergi. Selain itu juga Kraftwerk sendiri pun memiliki mekanisme kerja mesin yang sangat cepat, hanya dengan 3 detik saja Kraftwerk kosong pun dapat terisi hingga kurang lebih 20.000 mAh.
Kraftwerk Power Plant adalah solusi untuk perkembangan teknologi masa kini, dengan Kraftwerk kemungkinan besar teknologi-teknologi baru akan terus muncul seiring berkembangnya zaman dan kebutuhan manusia akan sebuah teknologi

Kelebihan :
- Ramah Lingkungan
- Mudah di gunakan
- Memiliki Kapasitas yang besar
- Memiliki desain yang dinamis dan elegan

Kekurangan :
- Harga cukup mahal
- Persediaan terbatas

            



Daftar Pustaka
http://www.penggagas.com/3-inovasi-produk-teknologi-yang-sukses- / menggemparkan-dunia


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Program Perulangan Sederhana Pada QBASIC

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Perbandingan Sistem Cerdas Pada 3 Negara di Asia (Dubai, Jepang, Indonesia)