Teknologi Kecerdasan Buatan Bidang Pendidikan (PhotoMath)





NAMA        : Alief Nur Hidayatullah
NPM           : 10116593
KELAS       : 3KA27
DOSEN       : Nurul Adhayanti




UNIVERSITAS GUNADARMA
2018




1. PENGERTIAN PHOTOMATH

Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang paling sulit di sekolah, itulah mengapa memiliki kalkulator grafik sepertinya merupakan kebutuhan bagi siswa. Tetapi bagaimana jika anda dapat menggunakan ponsel cerdas anda untuk memecahkan persamaan dengan mengarahkan kamera ke soal yang ada di buku teks anda daripada menggunakan kalkulator grafik? Itu adalah ide di balik PhotoMath. PhotoMath adalah aplikasi seluler gratis yang dapat membaca dan memecahkan ekspresi matematika menggunakan kamera ponsel cerdas anda dalam waktu nyata.
PhotoMath mungkin terdengar seperti hanya membantu anak-anak curang, tetapi aplikasi ini juga menyediakan panduan langkah demi langkah yang menunjukkan bagaimana masing-masing masalah diselesaikan. Panduan langkah demi langkah bermanfaat bagi siswa yang tidak memiliki akses ke tutor dan berjuang dengan memecahkan masalah matematika. Orang tua juga dapat menggunakan aplikasi PhotoMath untuk joging ingatan mereka ketika mengajar matematika untuk anak-anak mereka.

“PhotoMath saat ini mendukung aritmatika dasar, pecahan, angka desimal, persamaan linear, dan beberapa fungsi seperti logaritma. Matematika baru terus ditambahkan dalam rilis aplikasi baru, ”kata deskripsi aplikasi PhotoMath di iTunes.


Kemampuan PhotoMath untuk membaca soal matematika memiliki keterbatasan. PhotoMath hanya dapat membaca teks tercetak atau tertulis dengan rapih sehingga catatan tulisan tangan anda yang mungkin tidak terlalu rapih tidak dapat diselesaikan oleh aplikasi.

Microblink, perusahaan yang berbasis di London di belakang PhotoMath, berencana untuk menggunakan teknologi yang sama untuk membangun aplikasi untuk perbankan online di masa depan. Selain aplikasi PhotoMath, Microblink juga bekerja dengan sejumlah pelanggan di 30 negara untuk menyiapkan "teknologi visi komputer" untuk aplikasi seluler mereka. Sebagai contoh, Microblink mengintegrasikan teknologi PhotoPay untuk menghilangkan entri data manual untuk pembayaran tagihan dengan beberapa bank besar Uni Eropa. Aplikasi lain yang dikembangkan Microblink - yang disebut PDF417 Barcode Scanner - memungkinkan pengguna memindai barcode 1D, barcode 2D, dan kode QR.

2. VISI DAN MISI PERUSAHAAN

Visi

Dapat menjadikan aplikasi PhotoMath sebagai aplikasi belajar matematika yang terbaik.
Dapat menjadikan aplikasi PhotoMath sebagai aplikasi yang banyakmembantu menyelesaikan persoalan matematika banyak orang dengan cara cepat dan efisien.

Misi

"Kami bukan perusahaan pendidikan, kami mempromosikan teknologi visi mesin kami dengan PhotoMath," kata Damir Sabol yang merupakan pemilik dan CEO MicroBlink. Jadi PhotoMath ialah sejatinya aplikasi yang memperkenalkan teknologi canggih yang dibuat oleh MicroBlink.

3. TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN



Aplikasi PhotoMath menggunakan teknologi pengenalan karakter optic atau Optical Character Recognition (OCR) untuk membaca persamaan dan menghitung jawaban dalam hitungan detik. Ada bingkai merah di aplikasi PhotoMath yang harus Anda gunakan untuk menangkap 
persamaan.

Pengenalan karakter optik atau Optical Character Recognition (OCR) adalah proses di mana perangkat lunak khusus digunakan untuk mengubah gambar pindaian teks menjadi teks elektronik sehingga data digital dapat dicari, diindeks, dan diambil. Mesin OCR dikembangkan dan dioptimalkan untuk beberapa aplikasi dunia nyata seperti mengekstraksi data dari dokumen bisnis, cek, paspor, faktur, laporan bank, dokumen asuransi, plat nomor, dan banyak lagi. 

VIDEO : XFIX 

Masing-masing aplikasi ini membutuhkan set data pemrosesan yang terdiri dari ratusan ribu dokumen yang dipindai atau gambar untuk melatih dan mengoptimalkan algoritma. Memproses set data pelatihan biasanya dilakukan oleh manusia untuk menyediakan data akurat yang dapat digunakan oleh mesin untuk belajar dan menerapkannya, membuatnya "lebih pintar" dari waktu ke waktu.

Memproses kumpulan data besar ini dapat menjadi mahal, dan memanfaatkan model crowdsourcing untuk mengurangi biaya sering mengarah ke output berkualitas rendah yang tidak akan cukup untuk memperbaiki dan menyempurnakan mesin anda.

DAFTAR PUSTAKA :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Program Perulangan Sederhana Pada QBASIC

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Perbandingan Sistem Cerdas Pada 3 Negara di Asia (Dubai, Jepang, Indonesia)