Pengantar Teknologi Sistem Cerdas






NAMA        : Alief Nur Hidayatullah

NPM           : 10116593

KELAS       : 3KA27

DOSEN       : Nurul Adhayanti






UNIVERSITAS GUNADARMA

2018





1. Pengantar Teknologi Sistem Cerdas (Definisi, Sejarah dan Penerapan)


Kecerdasan buatan (AI) adalah cabang dari ilmu komputer yang bertujuan untuk membuat mesin bekerja dengan cerdas. Hal ini telah mengambil peran penting dalam industri teknologi. Penelitian yang terkait dengan kecerdasan buatan memiliki struktur yang sangat teknis dan khusus. Sistem cerdas adalah penggabungan antara Expert System dan Decision Support System, secara teknis sistem pakar mencakup kedua hal tersebut. Masalah utama kecerdasan buatan termasuk komputer pemrograman untuk sifat-sifat tertentu seperti :

·         Pengetahuan

·         Pemikiran

·         Pemecahan masalah

·         Persepsi

·         Pengetahuan

·         Perencanaan

·         Pengenalan suara

Kemampuan untuk memanipulasi dan memindahkan objek rekayasa pengetahuan adalah bagian inti dari penelitian AI. Mesin sering melakukan tindakan dan reaksi yang sama seperti manusia hanya jika mereka memiliki informasi banyak yang berkaitan dengan dunia. kecerdasan buatan harus memiliki keterhubungan atau akses ke obyek, kategori, sifat dan hubungan antara semua dari mereka untuk menerapkan pengetahuan teknik. Memulai akal sehat, daya pemecahan masalah dan penalaran di mesin adalah pendekatan sulit dan membosankan

Sistem cerdas adalah sistem yang dapat mengadopsi sebagaian kecil dari tingkat kecerdasan manusia untuk berinteraksi dengan keadaan diluar atau eksternal suatu sistem. Beberapa dari tingkat kecerdasan itu antara lain: kemampuan untuk dilatih, mengingat kembali kondisi yang pernah dialami, mengolah data-data untuk memberikan aksi yang tepat sesuai yang telah diajarkan, dan kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli melalui perintah yang dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu. 

Contoh perakitan mobil menggunakan sistem cerdas (Robotika) :


VIDEO : YOUCAR 

Kecerdasan Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (AI) didefinisikan sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan dibuat dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa jenis bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.


SISTEM CERDAS BERBASIS PENGETAHUAN

Sistem cerdas berbasis pengetahuan adalah sistem yang memiliki kemampuan menyerap kepakaran seorang ahli. Informasi kepakaran dijabarkan oleh algoritma cerdas, dan komponen prakondisi isyarat yang mengatur kerja sensor-sensor. Algoritma yang sangat cerdas inilah yang memutuskan aksi-aksi yang tepat untuk setiap keadaan/status sistem.

Contoh kepakaran yang bisa disimpan oleh sistem ini antara lain adalah kepakaran untuk merakit suatu barang, mengecek kondisi suatu barang, kepakaran untuk meracik sebuah obat-obatan , atau memisahkan obyek-obyek sesuai dengan klasifikasi tertentu. Kepakaran ini tentunya harus didukung oleh sensor dengan presisi yang memadai atau mencukupi.

Sejarah Teknologi Sistem Cerdas di Indonesia

Pada tahun 1940an, Teknologi Sistem Cerdas di temukan. Teknologi sistem cerdas terus berkembang dan kemudian  sampai ke Indonesia, pada tahun 1960an komputer diperkenalkan di Indonesia, hal ini dipengaruhi oleh perkembangan Sistem Cerdas yang ada di beberapa belahan dunia, dengan membuat beberapa sistem cerdas yang dapat membantu pekerjaan manusia sehari hari, misalnya komputer yang sudah menggantikan pembuatan gambar atau grafik pada buku gambar, Telepon rumah yang kemudian digantikan oleh handphone pintar (smartphone) pada era teknologi maju seperti sekarang ini, dan masih banyak contoh lainnya. Di bawah ini adalah sejarah perkembangan Sistem Cerdas / Kecerdasan Buatan di dunia : 



No
Tahun
Deskripsi
1
1206
Robot humanoid pertama karya Al-Jazari
2
1796
Boneka penuang teh dari jepang bernama Karakuri
3
1941
Komputer elektronik pertama
4
1949
Komputer dengna program tersimpan pertama
5
1956
Kelahiran dari Artificial Intelligence pada Dartmouth conference
6
1958
Bahasa LISP dibuat
7
1963
Penelitian intensif departemen pertahanan Amerika
8
1970
Sisem pakaer pertama diperkenalkan secara luas
9
1972
Bahasa Prolog diciptakan
10
1986
Perangkat berbasis AI dijual luas mencapai $425 juta
11
1994
AC berbasis Neuro fuzzy dijual
12
2010
Sistem kecerdasan buatan untuk Pesawat komersial BOEING 900-ER ramai digunakan
13
2011
Service Robot untuk restoran berhasil dibuat di Indonesia
14
2012
Sistem Pakar Troubleshooting Komputer berbasis Fuzzy dan Self Learning
15
2012
Sistem immune pada Deteksi spam diciptakan



Penerapan dalam kehidupan sehari-hari


1. Alarm Kendaraan

         

Kendaraan saat ini sudah banyak yang memiliki teknologi alarm, alarm berfungsi untuk menerima sensor gerakan yang tidak di inginkan yaitu percobaan paksa membuka kunci kendaraan atau sensor gerakan yang dialami oleh kendaraan. Teknologi alarm bisa diendalikan oleh remote dengan cara kendali jarak jauh yang biasanya untuk membuka atau mengunci kendaraan.


2. Mesin Pompa Air Otomatis



Biasanya setiap rumah atau bangunan memiliki alat penampungan air untuk memasok kebutuhan air ditempat tersebut. Dengan segala kesibukannya, biasanya sering terjadi lupa menyalakan pompa air sehingga persediaan air sampai habis, hal tersebut sangatlah tidak efektif, sehingga saat ini ada yang dinamakan “mesin pompa air otomatis”. Kinerja mesin tersebut adalah dengan menaruhbandul pada penampungan air, jika bandul menyentuh air maka bandul tidak ada gaya tarik, sedangkan jika air habis, maka bandul memiliki daya tarik sehingga gerakan tersebut akan direspon oleh mesin tersebut lalu secara otomatis mesin tersebut menyalakan mesin air.

3. Lift



Banyak bangunan saat ini yang memiliki jumlah lantai yang banyak pasti memiliki lift. Lift berfungsi untuk mengangkut manusia, barang dan lain-lain untuk berpindah dari satu lantai ke lantai lain tanpa bersusah payah untuk menaiki tangga. Lift menggunakan teknologi yang dimana manusia bisa memilih ke lantai mana yang ia ingin tuju, lift menerima sensor berupa tombol yang dipencet sesuai nomor lantai, lalu mesin tersebut mengirim sinyal kepada katrol otomatis untuk menarik lift tersebut. 


DAFTAR PUSTAKA



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Program Perulangan Sederhana Pada QBASIC

Cara Kerja Dongkrak Hidrolik

Perbandingan Sistem Cerdas Pada 3 Negara di Asia (Dubai, Jepang, Indonesia)